[Tips and Tricks] Visiting Kebun Raya Bogor


Buat warga Jakarta dan sekitarnya yang butuh hiburan dan bosan dengan suasana mall, Kebun Raya Bogor (selanjutnya disebut KRB) layak dicoba. Selain aksesnya yang mudah, KRB menyajikan suasana yang beda. Cocok untuk refreshing atau sekedar kongkow sama teman dan keluarga.

Saya sih baru pertama kali ke KRB, buat survey siapa tau mau kesana lagi rame-rame sama temen kantor. Dari hasil survey kemarin, disini akan saya rangkum apa-apa aja yang harus dipersiapkan kalau mau berlibur ke KRB.

sumber: www.kotabogor.go.id


1. Transportasi 
Untuk yang naik kendaraan umum dari Jakarta dan sekitarnya, KRB bisa dijangkau dengan KRL. Turun di Stasiun Bogor, terus lanjut naik angkot atau jalan kaki. Saran saya sih jalan kaki aja karena gak terlalu jauh. Kalau naik angkot sepertinya bakal lebih lama waktu ngetemnya daripada waktu perjalanannya.
Kalau naik mobil pribadi, bisa lewat tol Jagorawi. Kalau naik motor, saya kurang tau. :D lewat Depok kali ya.
2. Masuk KRB
Harga tiket masuk KRB pas hari libur 14 ribu perak per orang. Saya masuk dari pintu 2, begitu masuk langsung disuguhi peta KRB yang naudzubilah luasnya. Untuk yang baru pertama kali kesini, saya sarankan langsung ke counter mobil keliling. Tarifnya 10 ribu per orang, nanti rombongan diajak keliling KRB sama supir yang merangkap jadi tour guide. Sayangnya waktu itu saya gak naik mobil ini, karena kebetulan pas hari libur ngantrinya panjang banget. Dengar cerita dari ibu-ibu kalo dia dan rombongan harus nunggu dua jam sebelum diangkut mobil.

3. Must Bring Items
Buat yang mau liburan kesini, berikut barang-barang yang wajib dibawa: tikar, lotion anti nyamuk, payung. Tikar untuk duduk-duduk dan kongkow-kongkow, karena emang KRB ini paling cocok untuk kongkow-kongkow. Lotion anti nyamuk dipakai kalau mau masuk ke kuburan belanda di dalam KRB. Banyak nyamuk asli lah, bakal gatel-gatel kalo gak make lotion anti nyamuk. Sedia payung sebelum panas atau hujan, biar kalau panas gak kepanasan, kalau hujan gak kehujanan. Oh iya, jangan lupa untuk pakai sendal atau sepatu senyaman mungkin, no heels please, karena disana bakal banyak jalan kaki.

4.  Makanan dan Minuman
Sangat disarankan untuk bawa makanan dan minuman sendiri dari luar. Karena di dalam KRB waktu saya kesana cuma ada satu tempat makan yang buka. Alhasil rame banget sampe pada ngantri. Ada satu lagi kafe di atas undakan yang agak gede, namanya Café De Daunan. Niat banget saya kesana, udah jalan jauh udah mendaki-mendaki tau-tau cafenya tutup lagi maintenance. :(

Di pintu masuk di luar loket ada juga beberapa penjual makanan dan minuman. Tapi entahlah recommended atau gak.

Oh iya, satu lagi kuliner khas KRB. Es krim duren! Penjual es krim duren bertebaran dimana-mana. Cocok untuk dimakan pas cuaca lagi panas-panasnya.



Untuk isi dari KRB sendiri saya belum bisa cerita panjang lebar, karena pas saya main kesana belum semua terjamah. Saya cuma jalan-jalan ngalor ngidul aja, ke kuburan belanda, lewat kolam yang berbatasan sama Istana Bogor, duduk-duduk, jajan es krim, lewat jembatan merah, ke taman meksiko, plus ke Museum Zoologi.


Sekian tips & trick dari saya.
Kapan-kapan saya mau kesana lagi. :D



Tschüss! 

Deine Kimmie

Comments

Popular Posts