Tragedi Pak Yudi dan Pak Rudy


Setiap perjalanan pasti punya cerita menarik, baik itu yang berkesan, ngeselin, ataupun cerita konyol yang sebenarnya gak penting. Cerita saya kali ini jelas masuk kategori ketiga.

Pertengahan Januari kemarin saya berempat (saya, MasGem, Novel, dan Febri) pergi ke Surabaya untuk hadir di nikahan Icha teman kantor kami. Kami menginap dua malam, supaya ada satu hari penuh untuk jalan-jalan keliling kota Surabaya.

Untuk mempermudah perjalanan keliling kota, kami memutuskan untuk sewa mobil full satu hari beserta drivernya. Kebetulan saya dapat tugas untuk mencari rental mobil yang oke dengan harga yang bersahabat. Berjodohlah saya dengan salah satu agen (sebut saja agen X) yang sepertinya cukup bonafide.

Setelah deal dan bayar DP, agen X memberi info tipe mobil, waktu penjemputan, alamat penjemputan, nama driver beserta nomor teleponnya. Nama driver kami Pak Yudi dan Agen X janji Pak Yudi bakal jemput kami jam 8 pagi.

Keesokan harinya, jam 8 pagi belum ada tanda-tanda driver kami muncul, tapi gak masalah karena kami masih sarapan, belum siap berangkat. Sampai akhirnya mas-mas Agen X telepon ke HP saya bilang kalau driver kami sudah menunggu di luar. Saya ngintip ke luar, ngeliat ada Av*nza putih tapi gak ada drivernya, lalu saya telepon Pak Yudi untuk memastikan.

"Halo, Pak Yudi, saya Kimmie yang mau rental mobil. Bapak udah di depan ya?"
"Oh iya sudah sampai"
"Mobilnya Av*nza putih plat AG ya Pak?"
"Iya, iya"
"Ya udah tunggu sebentar ya Pak, kami siap-siap dulu"

Singkat cerita, kami jalan-jalan keliling Surabaya. Dan tibalah kami di Museum Sampoerna jam 11 siang. Disinilah tragedi berlangsung.

Selesai keliling museum, kami langsung menuju mobil. Tapi gak ada Pak Yudi disana. Setelah nunggu beberapa menit, kami memutuskan untuk nelpon Pak Yudi. MasGem yang nelpon pakai HP saya.

"Pak Yudi dimana?"
"Saya ada di depan mobil, mas"

Depan mobil?
Kami jalan ke depan mobil sekali lagi.
Gak ada tuh!

Waktu itu kami positive thinking aja, mungkin bapaknya lagi makan di warung luar karena emang lagi jam makan siang, terus sekarang on the way ke mobil. Tapi kami nunggu sekitar 10 menit bapaknya belum muncul juga.
Akhirnya MasGem telepon sekali lagi.

 "Halo Pak Yudi, saya udah di lobi nih"
"Saya di depan kuburan di sebelah tempat tadi ngedrop sampeyan, Mas"

Terus habis itu teleponnya putus aja gitu.
Kuburan? Kuburan mana sih? Perasaan gak ada kuburan di sebelah Museum Sampoerna.

Saya udah berpikiran aneh-aneh nih. Jangan-jangan Pak Yudi punya penyakit demensia, lupa sama kami dan pergi ke suatu tempat. Atau lagi pergi sama kami tapi doi ingetnya lagi pergi sama orang lain terus ngantar jemput orang lain itu. Atau... jangan-jangan Pak Yudi berkepribadian ganda!

Akhirnya saya turun tangan, saya sendiri yang telepon.

"Halo, Pak Yudi dimana ya?"
"Sekarang udah di depan mobil mbak, coba mbak liat dulu"

*saya celingak celinguk di samping mobil*
"Nggak ada, Pak"
"Nah, saya udah liat sampeyan!"
"Nah, saya juga udah liat Bapak!"

Pas saya noleh, saya lihat "Pak Yudi" datang dari arah belakang lagi nelepon. Langsung saya tutup teleponnya karena udah ketemu si Bapak.
Selesai donk masalahnya?
Ternyata belum sodara-sodara!
Kenapa "Pak Yudi" masih nelepon? Padahal kan teleponnya udah saya tutup. Teleponan sama siapa doi? Bukan teleponan sama saya donk berarti?
*zoom in, zoom out, mata melotot, petir menggelegar* *sinetron mode:ON*

Misteri terjawab pas udah di mobil dan MasGem inisiatif nanya.

"Pak Yudi tadi ke kuburan mana sih? Emang di sebelah ada kuburan?"
"Wah, Pak Yudi? Saya Rudy, mas, kalau Pak Yudi emang lagi nganterin orang ke pemakaman"
"Lho kirain sampeyan Pak Yudi?"
"Bukan, kan tadi pagi saya udah SMS ke mbaknya"

Ini sambal Bu Rudy, bukan Bu Yudi

*Saya ngeliat HP*
"Gak ada SMS kok Pak."
*Pak Rudy ngeliat HP*
"Oalah, masih di outbox mbak SMSnya, saya kirim lagi ya"


"Selamat pagi Mbak Kimmie, saya Rudy driver yang mau antar Mbak. Pakai Av*nza putih AG 1**9 YF. Sekarang saya udah di depan hotel" 



*Pak Rudy pun bercerita*
"Pak Yudi itu bos saya, Mbak. Ada sekeluarga besar ngerental mobil beberapa hari untuk acara pemakaman. Awalnya saya drivernya, tapi terus kemarin saya ke Bromo agak lama, jadi Pak Yudi yang gantiin sampai sekarang, sementara saya disini nganterin Mbak. Mungkin agen X ngira Pak Yudi yang bakal nganterin Mbak."
"Oooh gitu. Pak Yudi mobilnya plat AG juga Pak?"
"Iya, semua mobil yang diurus Pak Yudi platnya AG"
"Terus Pak Yudi gak ngesave nomor orang yang ngerental, Pak?" MasGem ikutan nanya.
"Engga, mas, soalnya yang ngerental ada banyak sih, sekeluarga"


Jadi, terpecahkan sudah misteri Pak Yudi dan Pak Rudy!
Yang saya telepon berkali-kali tadi itu Pak Yudi, bukan Pak Rudy driver kami.

Ini baru Sambal Bu Yudy!



Tschüss!
Deine Kimmie

Comments

Popular Posts