Android vs iOS



Android dan iOS merupakan dua penguasa Operating System smartphone terbesar di dunia. Sebagai pengguna Android dan iOS, saya ingin memberikan sedikit review tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing OS. Sebenarnya sudah banyak review sejenis, tapi rasanya kurang afdol kalau saya gak coba menuliskannya sendiri.

Sekedar catatan, saya pakai smartph
one Android dan Iphone kelas menengah, bukan keluaran terbaru dengan spesifikasi canggih dan harga yang mencekik leher. :)

Berikut kelebihan dan kekurangan kedua OS ini versi saya:
Android

Kelebihan:

1. Lebih simple dan user friendly
Tampilan Android lebih mudah dipelajari, terutama untuk pengguna baru smartphone.

2. Harga dan pabrikan yang bervariasi
Ini yang paling penting menurut saya. Berhubung smartphone Android dikeluarkan oleh banyak pabrikan (seperti Samsung, Sony, Lenovo, Xiaomi, Asus, LG, Huawei, dll), konsumen punya banyak pilihan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. tentunya konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

3. Charger universal
Charger smartphone Android rata-rata mempunyai jack yang sama, sehingga sesama pengguna Android bisa saling meminjam charger walaupun itu tidak dianjurkan karena output masing-masing charger mempunyai besaran arus yang berbeda.

4. Aplikasi lebih bervariasi
Aplikasi di playstore lebih banyak dan lebih bervariasi, terutama aplikasi-aplikasi buatan dalam negeri.

5. Ketahanan baterai lebih baik
Sebetulnya ketahanan baterai tergantung masing-masing gadget dan cara pemakaian. Tapi sejauh pengamatan saya, ketahanan baterai Android cenderung lebih baik karena aplikasi-aplikasi yang cenderung low-spec dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi iOS.

6. Desain alarm lebih baik
Satu hal yang saya suka dari alarm Android adalah tampilan berapa lama rentang waktu sejak alarm itu diaktifkan sampai alarm berbunyi. Ini sangat bermanfaat karena saya otomatis tahu berapa banyak waktu yang akan saya gunakan untuk tidur.

7. Bisa ditambah dengan memori eksternal
Tambahan memori eksternal tentu akan membuat pengguna lebih leluasa.
 


Kekurangan:

1. Cenderung tidak stabil
Karena smartphone Android banyak variannya, banyak aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan baik di ponsel-ponsel tertentu. Akibatnya, sering terjadi force close pada saat aplikasi dijalankan.

2. Sering terjadi anomali pada memori
Menurut saya ini kekurangan yang paling fatal yang sering dialami smartphone Android yang sudah cukup berumur. Sebagai contoh, kita mempunyai aplikasi Instagram versi terbaru dalam kondisi memori smartphone yang hampir penuh. Ketika kita uninstall aplikasi Instagram, kita tidak akan punya cukup memori untuk menginstallnya lagi. Padahal sebenarnya jumlah memori yang tersisa lebih dari cukup untuk menampung Instagram. 
Saya pernah baca di suatu artikel bahwa sistem di Android meninggalkan semacam "residu" dari aplikasi-aplikasi yang pernah di-uninstall. Hal ini menyebabkan memori smartphone seperti hilang begitu saja karena ditempati oleh residu-residu ini. Solusinya? Factory reset, dimana smartphone akan kembali seperti baru.
Dengan adanya anomali ini, menurut saya smartphone Android kelas menengah hanya reliable untuk pemakaian maksimal dua tahun.




iOS

Kelebihan:

1. Kualitas multimedia lebih baik

iOS memang terkenal akan kualitas multimedianya, baik gambar, video, maupun suara. Kamera 8MP pada iOS dapat bersaing dengan kamera 16MP keatas pada Android.

2. Aplikasi lebih stabil

Berhubung varian iOS tidak sebanyak varian Android, akan lebih mudah bagi para developer aplikasi untuk membuat aplikasi yang mumpuni dan stabil di setiap device.

3. Fitur lebih banyak dan lebih canggih

Fitur-fitur canggih seperti fingerprint, cloud storage, find my iphone lebih dulu ada di iOS daripada Android. Saya belum riset fitur-fitur apa saja yang ada di iphone terbaru, tapi yang pasti iOS akan selalu terdepan dalam teknologi-teknologi sejenis ini.


Kekurangan:


1. Charger tidak universal

Menurut saya ini kekurangan yang paling merepotkan. Charger Iphone tidak standar, bahkan sesama Iphone yang berbeda tipe mempunyai jack charger yang berbeda.

2. Harga mahal

Tidak ada produk Apple yang dijual dengan harga yang murah. Untuk itu, persiapkan budget lebih jika ingin memiliki produk-produk Apple.

3. Banyak produk-produk replika

Karena harganya yang mahal, banyak produk-produk replika dan rekondisi yang beredar di pasaran. Pastikan kita membeli produk-produk Apple di distributor resmi atau di toko-toko yang sudah terpercaya.

3. Terlalu sering muncul update aplikasi

Aplikasi-aplikasi di iOS sering mengalami pembaharuan. Hampir setiap hari ada aplikasi yang harus diupdate agar kinerjanya optimal.

4. Boros pulsa

Akibat dari seringnya update aplikasi dan kualitas multimedia yang lebih baik, pengguna iOS harus mempunyai anggaran yang lebih besar untuk membeli paket internet yang lebih besar.

5. Boros baterai

Kompensasi dari kualitas multimedia yang baik adalah baterai lebih boros. Tipikal gadget-gadget iOS adalah pengisian baterai yang cepat namun cepat habis juga.

6. Tidak ada slot memori eksternal

Tidak adanya slot memori eksternal memang menjadikan perangkat iOS sangat terbatas. Tapi, tidak adanya memori eksternal ini juga membuat perangkat lebih stabil. 

7. Bluetooth tidak kompatibel dengan perangkat Android

Sudah rahasia umum bahwa bluetooth di perangkat iOS susah untuk dikoneksikan dengan bluetooth perangkat Android. Sebenarnya ini kekurangan dari kedua belah pihak, tapi berhubung jumlah pengguna Android lebih banyak, hal ini akan lebih menyulitkan bagi pengguna iOS.


================================================================================================


Sekian kelebihan dan kekurangan masing-masing OS versi saya.

Akan saya update kalau saya menemukan kelebihan dan kekurangan lain.

Kalau saya harus memilih tanpa mempertimbangkan harga, jelas saya akan memilih iOS. Berhubung saya ogah mengeluarkan budget besar untuk gadget, saya memilih iOS keluaran lama.


So, which one do you prefer? iOS or Android?



Tschüss!
Deine Kimmie

Comments

Popular Posts