[Recipe] Ayam Suwir Bali



Di dekat kampus saya ada satu warung makan bali yang superenak. Biarpun lokasinya di pinggir kali dan harganya sedikit diatas harga rata-rata warung di sekitarnya, warung ini selalu ramai oleh pembeli. Menu favorit saya adalah ayam suwir, telur pedas, dan plecing kangkung.

Biarpun saya udah lama lulus kuliah, saya sering kangen sama ayam suwir buatan warung ini. Menurut saya ini ayam suwir bali terenak yang pernah saya cicipi. Berhubung tempat tinggal saya sekarang berbeda kota dan provinsi dengan tempat saya kuliah dulu, rasa kangen kepada ayam suwir ini hanya bisa diobati dengan mencoba-coba berbagai resep ayam suwir bali.

Hasilnya? Mengecewakan! Saya belum bisa menemukan resep yang pas. Sampai pada percobaan saya yang keempat, rasanya sudah mulai mendekati, walaupun masih jauh dari sempurna.
 
So, here we go! 

 Bahan:

- 300 gr daging ayam
- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 10 buah cabe merah keriting
- 10 buah cabe rawit pedas
-  1/2 sdt terasi
- 1 ruas kunyit
- 1 1/2 ruas jahe
- 1 1/2 ruas kencur
- 1 ruas lengkuas
- 1 cm asam jawa
- 3 lembar daun jeruk
- 4 batang serai, iris tipis
- 50 ml santan
- 3 sdt garam
- 1 sdt gula
- 1 sdt merica


Cara Membuat:

1. Rebus daging ayam sampai matang, simpan kaldunya, kemudian suwir kasar.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, terasi, kunyit, jahe, kencur, dan lengkuas.
3. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya sampai wangi, kemudian masukkan irisan serai dan daun jeruk, tumis sampai matang.
4. Masukkan daging suwiran ayam ke dalam tumisan bumbu, aduk sampai rata.
5. Masukkan air kaldu secukupnya, tambahkan asam jawa dan santan
6. Tambahkan garam, gula, dan merica.
6. Masak sampai air kaldu mengering dan bumbu meresap sempurna.

Ayam Suwir dan Plecing Kangkung


Selamat makan :) 

Tschüss!
Deine Kimmie

Comments

Popular Posts